Sistem
Layanan Elektronik
atau E-layanan (bahasa
Inggris: Electronic
Services
disingkat E-Services) merupakan satu aplikasi terkemuka
memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di daerah yang
berbeda. Namun, definisi yang tepat dari layanan elektronik sulit didapat
sebagian peneliti telah menggunakan definisi yang berbeda untuk menggambarkan
layanan elektronik. Meskipun definisi ini berbeda, dapat dikatakan bahwa mereka
semua sepakat tentang peran teknologi dalam memfasilitasi pelayanan yang
membuat mereka lebih dari layanan elektronik.
Menurut
Rowley (2006)[1] layanan
elektronik di definisikan sebagai: "... perbuatan, usaha atau pertunjukan
yang pengiriman di mediasi oleh teknologi
informasi. Layanan elektronik tersebut meliputi unsur layanan e-tailing,
dukungan pelanggan, dan pelayanan ". Definisi ini mencerminkan tiga
komponen utama- penyedia layanan, penerima layanan dan saluran pelayanan
(yaitu, teknologi). Misalnya,
sebagai yang bersangkutan untuk layanan elektronik publik, badan publik adalah
penyedia layanan dan warga negara serta bisnis penerima layanan. Saluran
pelayanan adalah persyaratan ketiga dari layanan elektronik. Internet adalah
saluran utama dari layanan elektronik pengiriman sementara saluran klasik
lainnya juga dipertimbangkan.(misalnya telepon, call center, kios
publik, telepon
genggam, televisi)
Sejak
awal pada akhir 1980-an di Eropa
dan dikenal secara formal pada tahun 1993 oleh Pemerintah AS,,[2] istilah 'E-Government' kini telah menjadi salah
satu riset domain yang diakui terutama dalam konteks kebijakan publik dan
sekarang telah memperoleh kepentingan strategis dalam modernisasi sektor
publik. [3] layanan
eletronik merupakan salah satu cabang dari domain dan perhatiannya juga telah
merayap di antara para praktisi dan peneliti. [4]
Layanan
elektronik (atau e-Service) adalah istilah yang sangat generik, biasanya
mengacu pada "Penyediaan layanan melalui Internet (awalan berdiri 'e
elektronik', seperti dalam penggunaan lain), sehingga layanan elektronik bisa
juga termasuk perdagangan internet, mungkin juga termasuk layanan non-komersial
(online), yang biasanya disediakan oleh pemerintah. (Alexei Pavlichev & G.
David Garson, 2004: 169-170; Muhammad Rais & Nazariah, 2003: 59, 70-71).
'Layanan
elektronik merupakan layanan online yang tersedia di Internet, dimana
transaksi yang valid untuk membeli dan menjual (pengadaan) adalah mungkin,
sebagai lawan dari website
tradisional, dimana hanya informasi
deskriptif yang tersedia, dan tidak ada transaksi online adalah dimungkinkan.'
(Jeong, 2007).
Definisi dan sejarah layanan elektronik
Sejak
awal pada akhir 1980-an di Eropa
dan dikenal secara formal pada tahun 1993 oleh Pemerintah AS,,[2] istilah 'E-Government' kini telah menjadi salah
satu riset domain yang diakui terutama dalam konteks kebijakan publik dan
sekarang telah memperoleh kepentingan strategis dalam modernisasi sektor
publik. [3] layanan
eletronik merupakan salah satu cabang dari domain dan perhatiannya juga telah
merayap di antara para praktisi dan peneliti. [4]
Layanan
elektronik (atau e-Service) adalah istilah yang sangat generik, biasanya
mengacu pada "Penyediaan layanan melalui Internet (awalan berdiri 'e
elektronik', seperti dalam penggunaan lain), sehingga layanan elektronik bisa
juga termasuk perdagangan internet, mungkin juga termasuk layanan non-komersial
(online), yang biasanya disediakan oleh pemerintah. (Alexei Pavlichev & G.
David Garson, 2004: 169-170; Muhammad Rais & Nazariah, 2003: 59, 70-71).
'Layanan
elektronik merupakan layanan online yang tersedia di Internet, dimana
transaksi yang valid untuk membeli dan menjual (pengadaan) adalah mungkin,
sebagai lawan dari website
tradisional, dimana hanya informasi
deskriptif yang tersedia, dan tidak ada transaksi online adalah dimungkinkan.'
(Jeong, 2007).[5]
Manfaat layanan elektronik
Lu (2001)[6]
mengidentifikasi sejumlah manfaat untuk layanan elektronik, beberapa di
antaranya:
- Mengakses basis pelanggan yang lebih besar
- Memperluas jangkauan pasar
- Menurunkan penghalang masuk ke pasar baru dan biaya mendapatkan pelanggan baru
- Alternatif saluran komunikasi ke pelanggan
- Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan
- Meningkatkan citra perusahaan
- Mendapatkan keunggulan kompetitif
- Potensi peningkatan pengetahuan pelanggan
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Layanan_elektronik#Definisi_dan_sejarah_layanan_elektronik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar