Kamis, 05 April 2012

ILMU ALAMIAH DASAR


Ilmu alamiah dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep - konsep dasar dalam bidang ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi. Manusialah yang menjadi subjek pokoknya. Dalam hal ini makhluk hidup memiliki kedudukan tertinggi. Manusia memiliki sifat unik yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup lainnya. Jasmani manusia memang lemah, tetapi rohani, akal budi serta kemauannya begitu kuat. Akal bersumber kepada otak, sedangkan budi bersumber kepada jiwa. Oleh karena itu sejalan dengan perkembangannya, manusia memanfaatkan akal budinya kemudian ditunjang oleh rasa ingin tahunya.Perkembangan pengetahuan pun berkembang melalui tukar menukar informasi antar manusia. 

Pada zaman dahulu, akibat dari terbatasnya peralatan untuk memperoleh pengetahuan, maka untuk menjawab keingintahuan tentang alam, manusia pada saat itu menciptakan mitos.Sehingga mitos terbagi menjadi tiga, yaitu mitos sebenarnya, cerita rakyat, dan agenda. Sehingga terdapat beberapa cara untuk mendapatkan kesimpulan diantaranya prasangka atau perasaan, intuisi atau batiniah, dan coba/ralat, atau trial and error. Adapun caranya, objektif, metodik, sistematik, dan universal. 

Untuk memenuhi syarat ilmu pengetahuan seperti di atas, maka diperlukan metode ilmiah. Metode ilmiah adalah cara atau prosedur dalam memperoleh pengetahuan secara ilmiah. Dalam hal ini, metode ilmiah menggabungkan cara berfikir deduktif dan cara berfikir induktif dalam membangun tubuh pengetahuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar