Rabu, 25 April 2012

Pembagian Iklim di Indonesia


Di dunia ini, terdapat beberapa jenis iklim. Salah satu cara untuk mengetahuinya yaitu dengan melihat posisi lintang astronominya. Pembagian ini merupakan pembagian iklim dunia yang paling mudah dan sederhana dibanding pembagian iklim dunia lainnya. Ada empat iklim yang terdapat di dunia jika dilihat berdasarkan letak lintang astronominya. Pembagian iklim dunia itu yakni sebagai berikut ini.
1. Daerah Iklim Tropis
Salah satu pembagian iklim dunia adalah bagian dunia yang memiliki iklim tropis. Daerah ini terletak di antara garis lintang 23,5˚ LU (Lintang Utara) sampai dengan 23,5˚ LS (Lintang Selatan). Salah satunya adalah negara kepulauan Indonesia. Hal tersebut terjadi karena lokasikepulauan Indonesia yang letaknya 6˚LU/LS dan 95˚-141˚ BT.
Di Indonesia, jenis iklim tropis ini tidak lepas dari pengaruh lingkungan di sekeliling Indonesia sendiri. Hal tersebut menyebabkan daerah di kawasan Indonesia terpengaruh oleh angin musim. Angin musim ini menyebabkan Indonesia mengalami dua musim, yaitu musim kemaraudan musim hujan. Kondisi suhu di Indonesia relatif panas karena letaknya berada di sekitar garis ekuator atau dinamakan garis khatulistiwa.
2. Daerah Iklim Subtropis
Pembagian iklim dunia berikutnya adalah bagian dunia yang memiliki iklim subtropis. Daerah yang memiliki iklim subtropis ini letaknya di atas lintang 23,5˚ LU/LS sampai dengan daerah yang terletak pada garis LU/LS 23,5˚. Salah satu negara yang beriklim subtropis adalahAmerika Serikat.
Di negara yang beriklim subtropis ini, terdapat empat musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Keempat musim ini memiliki karakteristik yang berbeda, mulai suhu, kelembapan, dan kondisi lingkungan yang lain. Termasuk, pengaruhnya terhadap kehidupan penduduknya.
3. Daerah Iklim Sedang
Pembagian iklim dunia berikutnya, yaitu iklim sedang. Bagian dunia beriklim sedang adalah daerah yang berada di atas lintang 35˚ LU/LS sampai 66,5˚ LU/LS. Salah satu daerah yang beriklim sedang yaitu di daerah Vietnam Utara. Di daerah yang beriklim sedang, hanya terdapat dua musim, yaitu musim hujan dan musim panas. Musim hujan biasanya jatuh pada bulan November sampai April dan sisanya adalah musim panas.
4. Daerah Iklim Kutub
Pembagian iklim dunia yang terakhir letaknya di ujung kedua belahan bumi. Tepatnya, di atas lintang 66,5˚ LU/LS sampai 90˚  LU/LS. Daerah beriklim kutub salah satunya adalah Greenland. Daerah ini hanya merasakan musim panas yang sejuk dalam waktu sangat singkatkarena sisanya adalah musim dingin. Hal tersebut menyebabkan kondisi tanah di daerah ini selalu tertutupi es.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar